Modul 8-cover

Editing Audio Sederhana

Hilman Handoni
Hilman Handoni
Terakhir diperbarui April 16, 2023
4 orang telah membaca

Tentang Modul

Podcast yang profesional dan menarik membutuhkan desain suara yang bagus. Untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan secara keseluruhan, elemen audio dimanipulasi dan diatur. Ini mungkin memerlukan peningkatan volume sumber audio yang berbeda, menambahkan musik latar, dan menambahkan efek suara.

Membuat campuran audio yang konsisten dan seimbang adalah bagian penting dari desain suara untuk podcast. Ini memerlukan penyesuaian tingkat volume dari sumber audio yang berbeda untuk mencegah salah satu dari terlalu keras dibandingkan dengan yang lain. Untuk menghindari gangguan pada dialog, musik latar harus dibuat dengan volume yang lebih rendah dan suara pembawa acara harus tetap pada volume yang konstan sepanjang episode.

Memanfaatkan efek suara juga penting untuk menciptakan pengalaman mendengarkan yang lebih menarik. Perancang suara mungkin menyertakan suara deburan ombak dalam episode podcast tentang perjalanan ke pantai, misalnya. Selain itu, efek suara dapat digunakan untuk menyorot momen tertentu atau menandakan transisi atau perpindahan adegan/mood.

Satu lagi aspek penting dari desain suara adalah penggunaan musik latar. Ini dapat diterapkan untuk mengatur nada tertentu atau untuk berpindah antar adegan. Soundtrack bisa instrumental atau vokal, tetapi harus dipilih dengan hati-hati agar sesuai dengan tema dan nada podcast.

Kurikulum

12 Materi60h

Editing Audio Sederhana

Latar Belakang00:00:00
Tujuan, Bahasan, Output, dan Materi00:00:00
Distribusi Waktu00:00:00
Alat dan Bahan00:00:00

Langkah dan Pembahasan

Penulis Modul

Hilman Handoni

Penulis Modul

0/5
3 Modul
0 Ulasan
11 Peserta
Hilman Handoni adalah seorang museolog dan produser podcast independen, sekaligus  penuls dan editor dengan latar belakang jurnalisme radio lebih dari 15 tahun. Hilman bekerja sama erat dengan Museum Nasional sebagai penulis dan produser audio guide, penulis program “Akhir Pekan di Museum Nasional” serta editor audio sandiwara “Samariona, Cerita dari Mandar”. Hilman sempat menjadi jurnalis serta produser podcast lepas untuk BBC Indonesia dan memproduksi serial podcast “Flora Carita”.  Hilman menempuh S1 di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia dan S2 di Kajian Museum/Museologi FIB UI. Saat ini sedang menempuh S2 di Jurusan Antropologi FISIP UI.
Lebih detail

Write a review

Free
Tingkat
Pemula
Durasi 60 hours
Materi
12 materi
Kategori