Tentang Kami
April 1, 2023 2023-04-11 9:16Tentang Kami
KBR Prime Podcaster Hunt adalah gerakan yang diinisiasi oleh KBR untuk mendorong munculnya podcaster muda yang menciptakan karya yang berdampak. Kami percaya, teman-teman muda punya ide-ide luar biasa yang diperlukan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Dan ide teman muda perlu dikawal dalam bentuk karya-karya yang bisa disimak publik, salah satunya lewat podcast.
Lewat KBR Prime Podcaster Hunt, kami mencari teman-teman muda yang punya minat di isu sosial politik. Tak ada waktu yang lebih tepat untuk bicara soal isu sosial politik selain sekarang. Jangan lupa, ada Pemilu 2024 di depan mata. Dan ini artinya teman-teman muda akan banyak terpapar isu sosial politik. Apalagi mereka akan jadi sasaran empuk para politisi yang mencari suara dari kelompok usia muda, yang mencapai 60% total pemilih di Pemilu 2024 mendatang.
Modul yang ada di microsite ini dirancang untuk bisa memberi asupan materi dan insight bagi teman-teman muda soal keberagaman, misinformasi dan disinformasi serta keberagaman, juga materi soal produksi podcast. Materi disusun oleh para pakar di bidangnya, salah satunya dari Peace Generation dan Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah dan Hoaks Indonesia). Modul disampaikan kepada para peserta lewat kegiatan boot camp yang berlangsung selama 3 hari pada bulan Februari 2023 lalu.
Usai boot camp, teman-teman muda ini ditantang untuk memproduksi podcast mereka sendiri. Mereka juga diminta menciptakan kampanye di media sosial untuk mempromosikan podcast mereka. Karya-karya yang mereka hasilkan bisa disimak Podcast Bhineka Bertaut di KBR Prime.
KBR Bootcamp
Karya mereka lantas dinilai oleh para juri yaitu Kalis Mardiasih (aktivis keberagaman), Ian Hugen (content creator) dan Malika (KBR). Mereka menyimak dan memilih para pemenang dengan mempertimbangkan aspek-aspek keberagaman, misinformasi/disinformasi, Pemilu 2024 dan resiliensi anak muda dari karya podcast yang dihasilkan peserta.
Tiga pemenang utama diumumkan dalam Pesta Bhineka Bertaut vol 2 yang digelar di Jakarta, pada 1 April 2023. Selain itu, ajang yang sama juga mengumumkan pemilihan 2 podcaster favorit dari boot camp yang dilakukan di Jakarta dan Bandung. Acara pengumuman pemenang juga menghadirkan talk show dengan judul “Berkolaborasi Untuk Perubahan” dengan narasumber Kalis Mardiasih (akvitis keberagaman), Abigail Limuria (What Is Up Indonesia) dan Nenden Sekar Arum (Safenet).
Sebelumnya, Pesta Bhineka Bertaut Vol 1 berlangsung secara hybrid dengan menghadirkan pesan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang mendorong pentingnya moderasi beragama.
Pesta Bhineka Bertaut
Pesta Bhineka Bertaut (PBB) adalah cara KBR merayakan keberagaman bersama komunitas anak muda. Nilai keberagaman adalah salah satu nilai penting yang dipercaya dan didorong KBR dalam berbagai pemberitaan dan liputan; juga dalam upaya engagement dengan kelompok muda. PBB tahun ini adalah penyelenggaraan tahun kedua.
Di tahun ini, PBB adalah puncak dari kegiatan KBR Prime Podcaster Hunt 2023. Podcaster Hunt dibuat dengan cita-cita mendorong munculnya podcaster muda yang berbagi misi dan visi yang sama dengan KBR; untuk merawat keberagaman, menjaga demokrasi dan mendorong perubahan di tengah masyarakat.
Kegiatan Podcaster Hunt berlangsung pada bulan Februari 2023 lewat 2 kali pelaksanaan boot camp, di mana 90 peserta dari 6 kota (Bandung, Garut, Cianjur, Bekasi, Bogor, Depok) belajar tentang keberagaman, gender, melawan hoaks, berkolaborasi dengan komunitas muda lain serta memproduksi podcast yang bermakna.
Tentang KBR
KBR adalah media yang berbasis di Jakarta dengan visi merawat keberagaman, menjaga demokrasi dan mendorong perubahan di tengah masyarakat.
KBR berdiri sejak 1999 pasca reformasi untuk memastikan terbukanya akses informasi yang berimbang kepada seluruh masyarakat. KBR bermula dengan konsep radio berjaringan; dan saat ini KBR berjejaring dengan 350 radio lokal di 34 provinsi di seluruh Indonesia.
KBR mulai mengembangkan sayap ke podcast dengan membangun platform KBRPRIME.ID dengan konsep podcast for curious minds. Semua produk KBR dibuat dengan membawa nilai-nilai keberagaman, inklusivitas dan demokrasi, karena kami percaya informasi adalah public goods yang jadi hak publik.